Selasa, 26 Maret 2013

Legenda Wayang Batu


Pada zaman dulu kala, ketika para dewa dan dewi harus menangani urusan  kematian, ada suatu kerajaan kecil di lereng gunung wayang di jawa barat. Raja, yang dinamai Sang Prabu, adalah seorang  yang bijaksana . Dia mempunyai seorang putri, yang biasa dipanggil Teja Nirmala, yang terkenal kecantikannya tetapi dia tidaklah dinikahi. Suatu hari Sang Prabu menyusun pikirannya untuk mengatasi perihal tersebut  dengan suatu adu kekuatan.

Setelah itu, Pangeran Blambangan, yang dinamai Raden Begawan yang telah memenangkan kompetisi tersebut. Sungguh sial, peri yang jahat, Puteri Segara jatuh cinta kepada Raden Begawan dan menggunakan kekuatan gaib/ daya sihir untuk membuat dia tak sadar dan ia melupakan perkawinannya. Ketika Sang Prabu  sedang mencari, Raden Begawan melihatnya dan segera menyadari bahwa ia telah dipikat oleh peri yang jahat. Peri yang jahat tidak bisa menerima ini, maka dia membunuh Raden Begawan. Ketika puteri Teja Nirmala mendengar ini, dia sangat sedih. Maka seorang peri manis mengajaknya ke kahyangan .

Konon kabarnya bahwa pada malam sinar bulan tertentu, seseorang dapat mendengar suara musik mengudara dari puncak gunung itu. Hal itu menunjukkan bahwa Sang Prabu dan putri nya belum jumpa satu sama lain hingga dinihari. Saat itu adalah waktu untuk mereka berpisah dan untuk bertemu lagi pada malam sinar bulan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran aku tunggu... :)